Selamat Datang

Selasa, Agustus 11, 2009

SERANGAN JANTUNG DAN SERBA-SERBINYA

Serangan Jantung

Setiap tahun, sepuluh ribu warga Amerika selamat dari serangan jantung, kembali menikmati hidup mereka masing-masing. Anda harus yakin bahwa anda akan kembali pulih. Jantung anda akan membaik dan seiring dengan berjalannya waktu, anda akan membaik dan kembali aktif. Pertanyaan dan jawaban berikut akan membantu anda memahami apa yang terjadi pada diri anda dan akan membantu anda memulihkan diri.

Mengapa saya mengalami serangan jantung?

Otot jantung anda memerlukan oksigen untuk hidup. Serangan jantung terjadi saat aliran darah yang membawa oksigen ke otot jantung mengalami penurunan drastis atasu sama sekali terhenti. Hal ini terjadi karena arteri koroner yang mensuplai darah ke jantung secara perlahan-lahan menjadi tebal dan keras karena penimbunan lemak, kolesterol dan kandungan lain yang disebut plak. Proses menahun ini disebut aterosklerosis. Saat plak yang terdapat di arteri jantung pecah, terbentuk gumpalan darah di sekitar plak. Gumpalan darah ini dapat menyumbah arteri dan menymbat alirah darah ke otot jantung. Keadaan dimana otot jantung kekurangan oksigen dan nutrisi, disebut iskemia. Saat terjadi kerusakan atau kematian otot jantung yang merupakan akibat dari iskemia, hal ini disebut serangan jantung atau kiokardial infark.

Mengapa tidak muncul gejala?

Pada aterosklerosis tidak terdapat gejala apapun. Alasan mengapa tidak muncul gejala, adalah karena terkadang saat arteri koroner menyempit, pembuluh darah disekitar yang juga bertugas mengalirkan darah ke jantung melebar. Pelebaran jaringan pembuluh darah ini disebut sirkulasi kolateral dan pada beberapa orang, membantu mencegah terjadinya serangan jantung dengan mengalirkan darah yang dibutuhkan ke jantung. Sirkulasi kolateral juga dapat terjadi setelah serangan jantung untuk membantu jantung pulih kembali.

Apakah jantung saya mengalami kerusakan permanen?

Saat terjadi serangan jantung, otot jantung yang kekurangan pasokan darah mulai melemah. Kerusakan yang terjadi pada otot jantung tergantung dari luasnya daerah yang disuplai oleh arteri yang terhambat dan juga jarah waktu antara terjadinya kerusakan dan saat penanganan. Kerusakan yang diakibatkan oleh serangan jantung tidak dapat pulih dengan sendirinya, bahkan saat jantung membaik, akan muncul jaringan parut yang keras/padat. biasanya dibutuhkan waktu satu bulan atau enam minggu untuk jantung anda dapat membaik dengan sendirinya. Jarak waktu tersebut bergantung pada tingkat kerusakan dan kemampuan jantung untuk meulihkan diri. Jantung merupakan oragan yang keras. Walaupun ada bagian yang mati, bagian lain tetap bekerja. Tetapi karena jantung rusak, dan melemah, maka ia tidak bisa memompa darah seperti biasanya. Biar bagaimanapun, dengan penangan yang tepat dan perubahan garya hidup, dapat mencegah terjadinya kerusakan yang parah.

Apakah saya dapat pulih setelah mengalami serangan jantung?

Kemungkinan besar anda akan pulih setelah mengalami serangan jantung. Otot jantung akan segera pulih setelah serangan dan proses pemulihannya biasanya memakan waktu sekitar delapan minggu. Jaringan parut akan terbentuk dibagian dimana terjadi kerusakan, dan jaringan tersebut tidak bekerja atau memompa sebaik jaringan yang sehat. Artinya, jantung tidak dapat memompa sebaik sebelum terjadi kerusakan. Tingkat kerusakan tergantung pada ukuran dan lokasi dari jaringan parut.

Apakah semua nyeri di dada dapat diketegorikan sebagai serangan jantung?

Tidak. Rasa nyeri yang biasa terdapat di dada disebut angina atau angina pektoris. Hal tersebut merupakan keadaan nyeri yang terjadi berulang-ulang dan hanya berlangsung selama beberapa menit saja. Angina terjadi saat otot jantung tidak mendapat pasokan darah dan oksigen yang dibutuhkan. Perbedaan antara angina dan serangan jantung secara permanen. Angina biasanya terjadi saat sedang berolah raga atau saat mengalami stress, dimana pada saat-saat tersebut denyut nadi dan tekanan darah anda akan meningkat dan otot jantung anda memerlukan pasokan oksigen lebih banyak.

Apakah ada hal lain yang menyebabkan serangan jantung selain penyumbatan?

Terkadang arteri koroner mengalami kontraksi atau kekakuan (spasme). Saat hal ini terjadi, arteri menyempit dan aliran darah ke beberapa bagian otot jantung berkurang atau bahkan berhenti. Penyebab terjadinya kekakuan tidak diketahui secara pasti. Kekakuan ini dapat terjadi saat pembuluh darah terlihat normal, demikian juga saat terjadi aterosklerosis yang menyebabkan sebagian pembuluh darah tersumbat. Kekakuan yang bera pada pembuluh darah dapat menyebabkan serangan jantung.

Apakah serangan jantung sama dengan henti jantung?

Tidak. Serangan jantung disebabkan oleh penyumbahan yang membuat terhentinya peredarah darah ke jantung. Henti jantung terjadinya saat terdapat gangguan pada sistem listrik jantung. Saat terjadi henti jantung (biasa disebut SCD atau Sudden Cardiac Death), kematian dapat terjadi dikarenakan jantung tidak berfungsi dengan baik. Hal ini disebabkan oleh detak jantung yang tidak normal atau tidak berdetak sepeti biasa (disebut aritmia). Aritmia yang biasa terjadi saat terjadi henti jantung adalah venticular fibrillation (bergetarnya bilik jantung). Hal ini terjadi ketika bilik jantung bagian bawah seketika berdetak secara tidak beraturan dan tidak dapat memompa darah. Kematian dapat terjadi dalam hitungan menit setelah jantung berhenti berdetak. SCD dapat diatasi jika dilakukan CPR (cardiopulmonary resusciatation atau resusitasijantung paru) dan defibrillator digunakan untuk mengejutkan jantung dan mengusahakan agar denyut nadi dapat berdetak normal dalam hitungan menit.

Myodardial Infarction/Miokar Infark : Kerusakan atau kematian daerah otot jantung (miokardium) akibat terhambatnya pasokan darah ke daerah tersebut, hal ini merupakan isitilah kedokterah dari serangan jantung.

Coronary Thrombosis/Trombosis koroner : Terbentuknya gumpalan pada pembuluh darah yang biasa memasok darah ke otot jantung. Biasa juga disebut oklusi koroner.

Oklusi Koroner : Sumbatan pada arteri koroner yang menyebabkan terhambatnya aliran darah ke beberapa bagian otot jantung biasa disebut dengan serangan jantung.

SPI-Files

Tidak ada komentar:

Posting Komentar