Selamat Datang

Minggu, Agustus 09, 2009

Membuat Theme Blogspot

Langkah awal pembuatan Theme

1. Mulailah membuat sketsa

Dengan sketsa kita bakalan lebih mudah untuk membuat design, bagaimana tata letak dan asesoris apa saja yang bakalan di pasang di Blog kamu.

2. Ubah Sketsa ke dalam design

Setelah sketsa jadi maka beralihlah anda ke depan komputer, rubah design yang ada di kertas menjadi design, tentukan software sesuai dengan yang kamu bisa antara lain adobe potoshop, macromedia firework, coreldraw atau yang lainnya.


Sekarang kita bahas masalah design yang baik untuk theme yang akan kita buat. Kalau menurut saya yang pemula ini, beberapa hal yang musti kita pertimbangkan dalam design theme kita adalah:

1. Ukuran Lebar design

Perlu kita ketahui bersama bahwa secara default resolusi monitor yang dipakai oleh Windows XP dan juga OS lainnya adalah 800 x 600 px tapi tak dapat dipungkiri bahwa terkadang kita menggunakan resolusi yang lebih tinggi yaitu 1024 x 786 px . Jadi lebar design kita musti enak di lihat oleh kedua resolusi monitor tersebut. Oleh karena itu alangka lebih baiknya kita menggunakan lebar design kita sebesar 760px.

--> kenapa musti 760px ?”

“alasannya yaitu untuk resolusi 800px maka akan ada pengurangan kurang lebih 30px untuk lebar vertikal sucrol pada browser yang kita gunakan, sehingga tampilan blog kita akan terlihat sepenuhnya di monitor tanpa harus menggeser horisontal sukrol”

--> bagaimana kalau saya tetep menggunakan resolusi 1024px

“kan kita gak bisa memaksakan setiap orang yg menggunjungi blog kita untuk memakai resolusi 1024px, apalagi untuk peselancar yang berada di warnet, dengan begitu tampilan kita akan terlihat tidak utuh”.

2. Kecepatan Browser

Kesan pertama dari blog adalah seberapa cepat browser untuk loading tampilan blog. Jika blog kita sangat lambat untuk di tampilkan akan membuat para fans berat menjadi kabur dan bahkan akan malas balik lagi terutama untuk fans yang ada di warnet dengan kecepatan browser yang seadanya :P. Oleh karena itu perlu diperhatikan berapa besar gambar yang kita pakai, usahakan untuk seminimal mungkin atau bisa disiasati dengan cara memutilasi (slice) ke ukuran yang kecil. Hindari penggunaan tabel, gunakannlah CSS.

3. Aksesoris Blog

Gunakan aksesoris seperlunya, semakin banyak aksesoris belum tentu mambuat blog kita semakin menarik, dan yang ada bakalan buat Blog kita semakin lama untuk di akses. Suguhkan menu yang memang benar-benar perlu. Selain itu berapa panjang tampilan Posting yang perlu disuguhkan juga musti perlu dipertimbangkan, kalau perlu gunakan fasilitas read more.

1 komentar: